cari modal usaha kecil (part 1)

Posted: 13 Agustus 2010 in wirausaha

Sejujurnya, membahas peluang bisnis dengan modal kecil tidak akan ada habis-habisnya. Mayoritas orang yang berbisnis pasti berusaha sekuat tenaga untuk meminimalisasi modal yang dikeluarkan.

Baik yang bisnis sampingan atau yang bisnis utama atau yang baru terjun maupun yang sudah sedikit kawakan seperti saya yang belum juga pasif income. Oleh sebab itu, artikel tentang peluang usaha modal kecil ini akan saya bagi menjadi dua.

Flashback sedikit, akhir tahun 2008 saya dikenalkan oleh seorang pengusaha yang berjualan mesin pertanian. Waktu itu saya masih berkonsentrasi untuk melakukan riset pemasaran produk utama saya.
Orang ini termasuk pecinta makanan seafood. Jadi sangat pas untuk saya jadikan responden. Usut punya usut, ternyata dia bisnis internet. Hanya dalam waktu 2 tahun dia mampu membangun perusahaan dengan belasan orang karyawan beromset ratusan juta rupiah.
Kemudian saya pikir, mana salesman-nya ya? Semuanya kerja di depan komputer. Ternyata dia menggunakan google sebagai salesman-nya. Wah, ini salesman yang nggak pernah minta kenaikan gaji pikir saya.
Beda sekali dengan sales saya dulu. Sudah target nggak kena, gaji sama bonusnya minta dinaikkan. Belum lagi biaya perawatan motornya. Sejak itulah saya mulai mengamati bisnis ini.
Selama rentang waktu 1 tahun, belajar kesana kemari, akhirnya saya menyimpulkan bahwa bisnis internet termasuk salah satu peluang bisnis terbaik yang pernah saya temui. Dan menurut Hianoto dan Sukarto, kelebihan bisnis online ini adalah :

1.Anda bisa mengoperasikan bisnis anda dimana pun anda berada selama ada komputer dan koneksi internet.
Anda bisa kerjakan dimana saja. Kecuali kalau servernya baru down.
2.Biaya startup atau modal awal dan operasionalnya sangat rendah.
Anda bisa bandingkan dengan usaha konvensional lainnya. Sebagai gambaran, sewaktu saya masih membangun usaha distributor sabun, saya butuh belasan bahkan puluhan juta untuk mengawalinya dan akhirnya bangkrut.

3.Anda bisa mengotomatisasi bisnis anda sedemikian rupa sehingga bisnis anda relatif dapat berjalan tanpa banyak karyawan atau keterlibatan anda.
Kalau saya disuruh memilih banyak karyawan dengan sedikit karyawan, tentu saya pilih sedikit karyawan. Ini impian semua pengusaha.
Kemudian pasti anda bertanya, kira-kira berapa modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis internet ini ya? Hanya tiga juta. Ya, 3 juta. Ti…ga…ju…taaaa…..!!! Saya dulu juga tidak menyangka. Ini keajaiban pikir saya. Belum pernah saya menemukan peluang usaha dengan modal kecil seperti ini.
Satu-satunya peluang usaha dengan modal kecil yang bisa menyainginya adalah MLM. Saya terjun di MLM sekitar akhir tahun 2003 sampai awal tahun 2005. Waktu itu saya sudah punya ratusan downline. Karena berbagai pertimbangan akhirnya saya memutuskan untuk berhenti. Kabarnya setelah saya ”pergi”, jaringan saya sudah mencapai angka seribu, tapi rontok semua.
Dan lagi, leverage bisnis bisnis ini bisa lebih dahsyat dari MLM. Dengan internet, anda bisa ketemu prospek bisnis anda di seluruh dunia! Sebagai catatan, kalau anda tidak punya uang sebesar itu, anda bisa memulainya dengan modal awal 300 ribu sambil anda berusaha mengumpulkan hingga 3 juta. Makin besar tentunya makin baik.
Tapi ingat, jangan terfokus dengan uang atau modal. Yang penting adalah anda menemukan alasan yang kuat untuk membangun bisnis online. Anda harus pahami bahwa membangun bisnis online tidak hanya berkutat dengan urusan hal-hal teknis seperti webhosting, FTP, MySQL, WordPress, PHP dan sejenisnya.
Banyak hal diluar hal-hal teknis tersebut yang harus anda pelajari. Silahkan anda lihat artikel saya mengenai workshop bisnis internet dan cara mempopulerkan situs web.
Intinya adalah membangun bisnis internet sama dengan membangun bisnis biasa. Apalagi kalau hanya anda kaitkan dengan jualan ebook. NO! Banyak yang bisa anda garap melalui bisnis online ini.
Pada artikel selanjutnya, Insya Allah akan saya bahas tentang model bisnis apa saja yang bisa anda lakukan di bisnis internet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s