Menciptakan Peluang Usaha Melalui Manajemen Pemasaran

Posted: 13 Agustus 2010 in arsip, Tak Berkategori

Menciptakan Peluang Usaha Melalui Manajemen Pemasaran


Ada seorang kawan yang datang kepada saya menanyakan mengenai peluang usaha yang bisa dilakukan untuk menambah pendapatannya. Saya menyarankan kepada kawan saya itu untuk membaca artikel mengenai manajemen pemasaran. Dia lalu kaget dengan usul saya, “Mas, setahu saya pemasaran itu kan kita menjual produk? Ini belum ada produk dari usaha saya kok saya disuruh membaca artikel tentang manajemen pemasaran?”
Ternyata kawan saya ini masih salah kaprah dengan konsep pemasaran. Kawan saya tadi menganggap bahwa pemasaran adalah penjualan (sales). Padahal pemasaran sendiri merupakan keseluruhan proses, mulai dari riset mengenai kebutuhan pasar, produksi, penjualan, sampai dengan layanan purna jual. Jika penjualan fokusnya kepada produk, maka pemasaran fokus kepada kebutuhan pasar.
Secara definisi, Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980).
Berikut ini adalah beberapa konsep dari pemasaran:
Kebutuhan manusia (human need)
Keadaan dimana seseorang merasa kehilangan sesuatu, untuk itu kita harus menanyakan: apa yang dibutuhkan oleh pasar? Makan, pakaian, obat, kendaraan, rumah, dan lain sebagainya.
Keinginan manusia (human wants)
Pola kebutuhan manusia yang dibentuk oleh kebudayaan dan kepribadian individu. Keinginan belum tentu merupakan kebutuhan. Misalnya saya ingin sekali memiliki mobil Fiat tua dengan setir di kiri, namun itu bukan merupakan kebutuhan saya.
Permintaan
Keinginan manusia yang didukung daya beli. Mengingini sesuatu tetapi tidak didukung oleh daya beli? Jangan menjual barang-barang yang berada di luar kemampuan pasar. Saya menginginkan mobil Ferari, tapi untuk saat ini belum saatnya Anda memasarkan kepada saya, karena daya beli saya masih belum sampai.
Produk
Segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, untuk dimiliki, digunakan atau di-konsumsi dan yang dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan, meliputi obyek-obyek fisik, jasa, orang, tempat, organisasi dan ide.
Strategi pemasaran juga bisa disusun dan dikombinasikan ke dalam suatu konsep yang disebut sebagai bauran pemasaran (marketing mix).
Sekarang, jawablah beberapa pertanyaan ini dengan benar dan yakinlah Anda akan menemukan ribuan peluang usaha yang bisa dijalankan:
1. Kepada siapa, kapan dan di mana produk-produk yang saya buat ingin saya jual (pasar)?
2. Apa yang banyak menjadi kebutuhan dan keinginan pasar dan produsennya belum ada atau masih sedikit?
3. Seberapa kemampuan keuangan mereka untuk membayar produk saya?
4. Apa yang harus saya produksi?
5. Bagaimana strategi penjualannya?
Salam Prestasi Indonesia,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s